What is coaching?

 “ICF defines coaching as partnering with clients in a thought-provoking and creative process that inspires them to maximize their personal and professional potential.” Definisi Coaching menurut ICF adalah, kemitraan dengan klien dalam suatu proses yang memprovokasi pikiran dan kreatif yang menginspirasi klien untuk memaksimalkan potensi personal dan professional mereka.

Menurut Erickson Coaching International, solution-focused coaching adalah “Coaching is a creative partnership with your client aimed to design and implement specific, meaningful changes in your client’s personal and professional life.” Bahwa Coaching adalah kemitraan dengan klien yang bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan perubahan yang spesifik dan bermakna dalam kehidupan personal dan professional klien.

Apa Tujuan Coaching?

Coaching adalah percakapan dan komunikasi yang akrab dan professional untuk memfasilitasi klien melalui pertanyaan. Jadi coaching adalah proses fasilitasi yang bertujuan menggerakkan sumber daya internal maupun eksternal klien untuk mencapai outcome yang telah ditentukan. Dalam hal ini ada satu hubungan kemitraan antara yang memfaslisitasi atau coach dan yang difasilitasi yang biasa disebut dengan klien/ client atau coachee. Di dalam modul ini kita akan menggunakan istilah klien untuk pihak yang difasilitasi dalam sesi coaching.

Coaching adalah tentang ilmu dan seni memfasilitasi suatu proses tertentu baik dengan individu maupun organisasi. Tidak saja agar mereka dapat berproses mencapai tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga mampu menemukan makna pencapaian ini bagi mereka. Dengan demikian mereka dapat mengidentifikasi dan menggerakkan sumber daya internal dan eksternal yang dimiliki untuk sebuah perubahan generatif dalam mengembangkan, meraih dan mengaktualisasikan potensi tertinggi yang dimiliki untuk mencapai impiannya.

Orientasi coaching adalah masa yang akan datang (future) yang berfokus pada solusi bukan pada masalah yang telah terjadi di masa lalu. Di dalam coaching, seorang coach memfasilitasi secara professional di level struktur dan proses, tidak masuk hingga kedalam level content atau isi mendetail yang sering kali dapat melanggar batas privasi dan kerahasiaan klien. Penggalian oleh coach adalah sebatas clarity atau kejelasan informasi yang dibutuhkan oleh coach untuk mampu membuat gambaran konteks yang sama dengan klien sehingga mampu memfasilitasi klien secara optimal.

Cari Praktisi SCC

Ingin mencoba SMILE Coaching Cards bersama praktisi kami?

Cari Trainer SCC

Ingin mempelajari SMILE Coaching Cards?