Fiona Wang

Wellness & Holistic Success Coach
Creator of SMILE Coaching Cards

Lina Sjamsil-Monham

The Emphatic Positive Life Mapper
SMILE Coaching Boardgame Consultant

Apa itu SMILE Coaching Boardgame?

SMILE Coaching Board Game adalah Tools Coaching yang dibuat dalam bentuk permainan board game dan menggunakan SMILE Coaching model untuk tahapan coachingnya.

Versi Dewasa tools ini adalah SMILE Coaching Tools berupa Formal Coaching Tools yang dipergunakan untuk Corporate dan Leadership Coaching, Wellness and Holistic Success Coaching dan lain-lain.

Untuk Anak dan remaja, dibuatkan dalam bentuk permainan boardgame yang lebih banyak lagi unsur gamifikasi dan sarat dengan pelajaran hidup yang disampai dengan halus melalui kartu-kartu permainan yang ada.

Anak dan Remaja tidak akan merasa dicoaching tetapi seolah diajak dalam sebuah permainan kreatifitas dan kecerdasan. Konteksnya adalah bermain sambil coaching sehingga mereka kan lebih mengalir, terbuka, merasa aman dan nyaman. SMILE Coaching Board Game sangat sesuai untuk Adolescent coaching atau coaching untuk anak dan remaja.

Adolescent Coaching adalah layanan coaching yang diberikan kepada anak dan remaja, usia 10 s/d 20 tahun untuk memfasilitasi mereka agar dapat menemukan jalan keluar atau solusi dari permasalahan dan menggapai impian mereka dimasa mendatang.

Adolescent Coaching dapat mensupport mereka dalam menjalani hidup dan meraih mimpi, di rumah maupun di sekolah untuk meraih prestasi, kebahagiaan, dan kesejahteraan yang lebih baik, sebagai anak dan remaja.

Mengapa SMILE Coaching Board Game

Menjadi remaja yang beranjak dari anak-anak ke dewasa tidaklah mudah. Mulai dari permasalahan dengan perubahan hormonal dan emosi, hubungan dengan orangtua yang terkadang sulit beradaptasi dan memahami perubahan mereka, Pergaulan dengan teman dan mulai mengenal lawan jenis, hingga issue dan permasalahan dengan guru, pelajaran di sekolah, prestasi akademis, dan ‘aku mau jadi apa nanti?’

Semua ini dapat membuat remaja tertekan, dan kadang dapat menemukan jalan keluar yang keliru. Di sini Adolescent coaching berperan untuk memfasilitasi mereka mencapai apa yang mereka inginkan dengan menemukan makna, membuat target dan strategi yang ekologis untuk mereka serta mengasah ketangguhan untuk menjalani hidup.

Karena otak bagian prefrontal cortex mereka belum sempurna, remaja belum sepenuhnya dapat mengambil keputusan yang tepat secara matang sehingga masih sangat membutuhkan pendampingan dari orangtua.

Tidak dapat kita pungkiri di dunia nyata ini, sering kali guru dan sekolah tersandung biaya untuk belajar ilmu dan keterampilan coaching. Orangtua, meskipun sebagian dari mereka mungkin affordable secara finansial namun belum semua memiliki waktu yang Panjang (2-3 hari) untuk belajar.

Dengan SMILE Coaching ToolsGame, satu boardgame sekaligus coaching tools yang didesain untuk membantu anak dan remaja ini, guru, orangtua dan pendidik kini dapat melakukan coaching secara professional.

Coaching sambil bermain sehingga anak dan remaja juga tidak bosan dan tidak merasa seperti dicoaching, tetapi serasa diajak bermain sambil mendapatkan manfaat coaching. Setidaknya ada 5 tujuan diciptakannya SMILE Coaching Board Game ini, yaitu:

  • Agar anak dan remaja dapat menemukan solusi dan jalan keluar dari permasalahan dan kesulitan yang ia hadapi dengan memanfaatkan sumber daya yang ia miliki.
  • Agar anak dan remaja tumbuh menjadi manusia yang Towards bukan Away, yaitu, melakukan sesuatu karena ingin mendapatkan sesuatu, memiliki tujuan dan motivasi yang jelas dan positif. Tidak dapat dipungkiri pola didik di Indonesia pada umumnya cenderung mendidik anak menjadi orang yang Away, melakukan sesuatu karena ingin menghindari sesuatu, atau karena takut.
  • Agar anak dan remaja dapat mengembangkan dan mengoptimalkan potensi diri yang dimiliki untuk dapat berprestasi setinggi mungkin serta memiliki perilaku yang berdaya dan mampu mengubah sikap dan kebiasaan yang dapat menghambat keberhasilannya.
  • Agar anak dan remaja menyadari bahwa untuk setiap tujuan yang ingin dicapai memerlukan persiapan dan strategi, dan bahwa ada pilihan- pilihan yang dapat ia buat dengan memilih dari pilihan yang terbaik dari yang baik dalam kondisi saat itu.
  • Mempererat bounding antara guru dan murid, orangtua dan anak di era digital saat ini di mana keterhubungan tidak lagi secara fisik dan emosi sehingga dapat memiliki quality time yang lebih baik.

Untuk Siapa SMILE Coaching Board Game? Para professional coach dapat memanfaatkan tools ini untuk adolescent coaching, mengcoaching anak dan remaja. Para coach ini juga dapat mengajarkan kepada para guru, orangtua, dan pendidik untuk menguasai adolescent coaching ini dengan mudah dengan SMILE Coaching Board Game.

Para konselor, psikolog anak dan remaja, terapis, dan terutama diiharapkan setiap guru, orangtua, dan pendidik dapat menjadi informal coach bagi anak dan remaja sehingga mereka perlu memiliki Practical Coaching Skills untuk melengkapi roles mereka sebagai seorang informal coach dalam kehidupan anak dan remaja. Practical Coaching Skills ini dapat disupport dengan SMILE Coaching ToolsGame